K M

LOADING

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuka Toko Online

Di tengah perkembangan teknologi dewasa ini, turut mengubah gaya hidup dan kebiasaan. Hal-hal yang sebelumnya dilakukan denngan “tradisional” kini berangsur beralih ke digital hamper di semua sisi. Mulai dari berkirim surat, mengirim uang, menambah pertemanan, hingga berbelanja. Saat ini, pertumbuhan toko online, khususnya di Indonesia menjadi sangat pesat. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Riset Bain & Company dan Facebook 2020 menyebutkan bahwa sector belanja online di Indonesia diprediksi tumbuh sebesar 3,7 kali lipat pada 2025, menjadi USD 48,3 miliar dibandingkan tahun 2017.

Hal ini membuat semakin banyak orang yang tertarik membuka toko online. Sebagian orang menjadikan toko online sebagai sumber penghasilan tambahan, Sebagian lagi menggantungkan pendapatannya pada usaha ini. Jika anda salah satu yang tertarik untuk membuka toko online, pastikan hal-hal berikut ini sebelum membuka toko online:

Target Pasar

Yang pertama adalah ketahui dengan pasti target pasar anda. Anda tak dapat memasarkan produk dengan baik jika anda tidak mengetahui target pasar anda.

Kompetitor

Yang kedua adalah anda harus mengetahui siapa dan sebanyak apa kompetitor anda. Jika kompetitor anda berjumlah banyak, anda harus melakukan teknik marketing yang berbeda. Namun sebaliknya, jangan terlalu senang jika kompetitor anda sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Itu berarti produk yang ingin anda jual tidak banyak diminati pasar.

Permintaan

Permintaan beranti berhubungan dengan minat konsumen terhadap barang tertentu. Jika anda menjalankan sebuah usaha atau toko online, hal yang harus anda utamakan adalah konsumen dan permintaannya, karena itu yang menentukan kesuksesan bisnis anda. Sangat penting memperhatikan permintaan agar bisnis anda bertahan di tengah masyarakat.

Unik

Jika anda ingin membidik pasar anak muda, pilihlah produk yang unik dan berbeda dari yang lain. Unik di sini tidak hanya bentuknya, namun bisa juga produk yang biasa beredar namun dengan variasi yang berbeda. Sebagai contoh: sabun dengan variasi perpaduan aroma yang baru, dan sebagainya. Namun jangan lupakan, produk juga harus..

Bernilai

Ketika anda menjual produk, baik produk yang umum maupun produk unik, anda tidak boleh melupakan nilai dan fungsi produk tersebut. Produk yang memiliki nilai dan fungsi akan selalu dicari oleh konsumen. Semakin baik nilai produk dan layanan yang anda tawarkan, semakin banyak konsumen yang akan mengingat produk anda.

Evergreen

Satu lagi hal yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam menjual produk adalah produk tersebut tidak lekang oleh waktu atau evergreen. Lamanya produk tersebut bertahan di pasaran (product’s life cycle) turut mempengaruhi keberlangsungan usaha anda. Pilihlah produk dengan life cycle yang tinggi, agar produk anda dapat bertahan lama di pasaran.

Itu dia Pak Boss yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan membuka toko online. Jangan sampai usaha, waktu, modal, dan tenaga yang anda luangkan menjadi sia-sia karena anda kurang memperhatikan hal-hal tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu. Dapatkan tips lain seputar toko online di sini. Salam!

Related Post

1 Comment

Leave a Comment