K M

LOADING

Mengelola Hubungan Dengan Customer, Haruskah?

Hallo again, Pak Boss! Setelah artikel sebelumnya kita membahas tentang pentingnya sejauh mana pengaruh customer service terhadap kepuasan pelanggan, kali ini Mbak Mimin ingin berbagi tentang mengelola hubungan dengan Customer. Mungkin sebagian dari kita berpikir, apa sih pentingnya mengelola hubungan dengan customer? Bagaimana citra perusahaan di mata khalayak turut dipengaruhi oleh hubungan antara perusahaan itu sendiri dengan Customer. Bagaimanapun juga, customer merupakan bagian dari perusahaan. Bagaimana pengaruh dari mengelola hubungan antara perusahaan dan customer itu sendiri akan Mbak Mimin bahas di sini. Selamat membaca!

Apa itu mengelola Hubungan?

Hubungan adalah proses interaksi antar dua pihak yang terus berkesinambungan. Hubungan tak hanya terjadi pada pasangan, keluarga, namun juga antara perusahaan dan konsumen. Mengelola hubungan baik antara perusahaan dan konsumen dapat dilakukan melalui customer service, media social, dan aktivitas marketing lainnya. Pada hal ini, tujuan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan adalah untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dan menguntungkan dengan pelanggan. Seperti proses bersosialisasi pada kehidupan sehari-hari, hubungan yang dikelola dengan baik akan menghasilkan keakraban.

Apa Manfaat Mengelola Hubungan Dengan Customer?

Ada banyak cara untuk mengelola hubungan antara pedagang dan pelanggan, dan yang paling banyak dilakukan adalah dengan melakukan interaksi. Interaksi yang baik adalah ketika melibatkan kedua belah pihak, karena dari interaksi tersebut perusahaan dapat mengetahui karakteristik dan kebutuhan yang diinginkan. Mengelola hubungan biasanya diwakili oleh Marketing atau humas, namun tidak menutup kemungkinan dilakukan oleh bagian lain sesuai kebijakan perusahaan

1. Terpetakannya Karakteristik dan Kebutuhan Konsumen

Dengan adanya keakraban antara perusahaan dan konsumen, maka informasi tentang mereka akan lebih banyak dan beragam. Dengan banyaknya informasi, perusahaan dapat memetakan bagaimana pola komunikasi konsumen, karakteristik, dan konsumen sendiri akan lebih terbuka dalam menyampaikan keluhan dan sarannya sehingga perusahaan akan dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumen untuk menentukan strategi peningkatan penjualan berikutnya.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah tingkat pengakuan konsumen terhadap suatu brand atau merek dengan namanya. Kita tentu mengenal Sanyo, sebuah brand elektronik yang kini namanya digunakan untuk menyebut pompa air. Kesadaran konsumen akan sebuah produk dapat dicapai dengan seringnya terjadi interaksi dan diskusi yang melibatkan perusahaan dan konsumen disamping aktivitas marketing dan promosi yang lainnya.

3. Meningkatkan Citra Baik Perusahaan

Di era digital seperti sekarang ini, baik buruknya citra perusahaan turut ditentukan dari citra mereka di media social. Ada banyak kasus dimana citra perusahaan menjadi sangat buruk karena hubungan antar perusahaan dan konsumen yang tidak dikelola dengan baik. Dengan baiknya interaksi dan keakraban antara kedua belah pihak, Citra perusahaan sebagai pihak yang menjadikan konsumen tak hanya sebagai sumber pemasukan, namun juga pihak yang memberikan kepercayaan pada brand mereka karena keakraban yang terjalin turut memengaruhi persepsi, keyakinan, opini, dan sikap dari konsumen pada perusahaan itu sendiri.

Itu dia Pak Boss sedikit ulasan tentang mengelola hubungan antara perusahaan dan konsumen. Kalau menurut Pak Boss, apa lagi manfaat yang bisa didapat dari menjaga hubungan untuk kelangsungan bisnis? Silahkan tuliskan di kolom komentar kami. Salam!

Related Post

1 Comment

Leave a Comment